Unik! Beginilah Sejarah dari Toilet Duduk

Saat ini kita melihat beragam bentuk dari toilet, baik yang sederhana seperti toilet jongkok, dan juga banyak toilet canggih dengan beragam fungsinya. Biasanya toilet dibuat seefisien mungkin dan membuat para penggunanya nyaman untuk membuang hajat di sana.

Tapi tahukah kamu sebelum seperti sekarang ini, ternyata dulu desain toilet cukup nyeleneh dan mungkin tidak kita duga.

Berikut ini kami akan membahas bagaimana sejarah dari toilet yang mungkin bisa membuat kita geleng-geleng kepala dibuatnya!

Sejarah Toilet Duduk

Pada awalnya, toilet tidak langsung memiliki bentuk seperti saat ini. Bahkan dulu toilet hanya berupa parit. Yang menjadi pelopor toilet adalah parit-parit yang ada di Mohenjodaro pada tahun 2500 SM. Dari peradaban Romawi Kuno ini ada parit-parit yang berada pada sungai Indus. Toilet yang ada pada masa itu terbuat dari tanah liat dan ditempatkan berjejer.

Jika saat ini toilet lebih umum ditemukan dengan bahan plastik atau keramik, ratusan tahun lalu orang Mesir Kuno menggunakan toilet yang berbahan dasar batu kapur. Mereka memahat halus batu kapur tersebut agar ketika duduk di sana tidak membuat kulit menjadi lecet.

Berbeda dengan orang kaya, orang Mesir kuno yang miskin kala itu harus rela untuk menggunakan kloset terbuat dari kayu yang dilubangi.

Mungkin bentuk kloset yang mirip dengan zaman modern adalah pada zaman peradaban Minoa (2000 – 1600 SM). Model kloset duduk kala itu memiliki drainase yang akan mengalirkan air limbah pada bagian bawahnya. Bahkan ini mejadi toilet yang diguyur dengan air pertama yang dicatat oleh sejarah.

Ada pula hal unik lain dalam perkembangan toilet. Jika saat ini kegiatan di kloset merupakan kegiatan yang bersifat privasi, berbeda dengan di peradapan Romawi. Di mana para penghuni rumah membangun toilet tanpa sekat dengan menggunakan selembar kursi batu yang diberikan lubang.

Masih dari peradaban Romawi Kuno, kala itu mereka menggunakan batang kayu yang ujungnya diikatkan sponge sebagai tisu toilet. Alat ini disebut dengan nama Tersoria.

Perkembangan kloset yang paling terasa adalah kloset dari Sultan Ottoman yang menggunakan material kokoh seperti semen. Bahkan kloset dari Sultan Ottoman ini sudah berwarna putih, sama seperti toilet kebanyakan saat ini. Ini merupakan toilet yang berada pada tempat tinggal utama Sultan Ottoman di tahun 1465 – 1853.

Lalu sejak kapan model toilet modern yang sekarang sering kita lihat mulai dibuat?

Yang menjadi cikal bakal kloset modern yang saat ini kita pakai adalah toilet yang dibuat pada tahun 1596.  John Harringston adalah sosok yang berhasil menemukan toilet ini.

Kini semakin berkembangnya zaman, toilet semakin canggih dan membuat penggunanya menjadi lebih nyaman ketika melakukan urusan mereka.